Beberapa Manfaat madu untuk kecantikan dan kulit wajah

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

 

manfaat madu untuk kecantikan

Manfaat madu untuk kecantikan dan kulit wajah memang tidak dipungkiri lagi. Madu dihasilkan dari lebah madu yang merupakan salah satu jenis dari 20.000 lebah yang ada. Spesies lebah madu termasuk ke dalam genus Apis. Lebah madu memproduksi dan menyimpan madu yang diambil dari nektar bunga sebagai sumber makanan mereka. Madu yang mereka produksi disimpan dalam sarang yang terbuat dari lilin yang dihasilkan oleh lebah pekerja.

Madu telah dikenal masyarakat pada masa sebelum masehi. Masyarakat menggunakan madu sebagai sumber makanan mereka. Pembudidayaan lebah madu pun telah banyak dilakukan oleh bangsa Mesir kuno dengan membuat corong yang berasal dari tanah liat untuk sarang lebah. Kemudian, oleh bangsa Rusia, pembudidayaan lebah madu dibuat lebih modern dengan membuat sarang yang dapat dipindah-pindah. Rusia pun menjadi negara peternak lebah madu terbesar. Karena madu memiliki banyak manfaat, budidaya lebah madu pun kini menyebar luas ke berbagai negara. Madu dikenal memiliki banyak manfaat untuk kecantikan, khususnya kecantikan kulit dan kulit wajah. Beberapa manfaat madu untuk kecantikan dan kulit wajah akan diulas berikut ini.

Manfaat Madu Untuk Kecantikan

Madu memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan, kecantikan dan kulit wajah. Madu itu sendiri merupakan campuran gula dan senyawa-senyawa lainnya. Kandungan nutrisi yang terdapat pada madu adalah Fruktosa, maltosa, glukosa, air, sukrosa dan gula yang paling mendominasi. Seperti telah diketahui, dari kandungan tersebut, madu pun bermanfaat untuk kecantikan, antara lain :

  • Melembabkan kulit.

Madu merupakan bahan alami yang dapat melembabkan kulit dan telah dikenal sejak lama. Madu dapat melembabkan kulit walau dalam keadaan kering sekalipun. Caranya hanya tinggal mengoleskan madu pada kulit tubuh.

  • Melindungi kulit.

Sama halnya dengan buah-buahan, madu juga memiliki kandungan antioksidan yang berfungsi sebagai anti jamur dan anti mikroba yang dapat melindungi kulit.

  • Mengatasi penuaan dini.

Zat antioksidan yang terkandung didalam madu, selain melindungi kulit juga bermanfaat mengatasi penuaan dini. Penuaan dini dapat diakibatkan oleh adanya radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh dalam jumlah banyak.

  • Mengobati luka.

Kandungan anti mikroba pada madu bermanfaat untuk menyembuhkan luka.

  • Menyehatkan rambut.

Madu dikenal memiliki khasiat menyehatkan rambut dan mengatasi masalah rambut, seperti rambut kering, rontok dan ketombe. Madu dapat melembabkan rambut yang akan memperkuat akar rambut, sehingga mencegah rambut kering dan rontok serta ketombe.

  • Menjaga kesehatan kulit.

Kandungan nutrisi di dalam madu mampu menjaga kesehatan kulit. Kandungan antioksidannya mampu menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Sebaiknya konsumsi madu secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Manfaat Madu Untuk Kulit Wajah

Madu dapat dijadikan masker untuk kulit wajah agar wajah tampak lebih cerah dan bersinar. Selain itu, madu juga dapat digunakan sebagai pelembab bibir alami, mengobati jerawat karena kandungan anti bakterinya dan madu juga bermanfaat sebagai pembersih wajah yang akan mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran pada wajah. Madu yang juga dapat melembabkan kulit wajah sangat cocok untuk kulit wajah yang kering hanya dengan mengoleskan madu pada wajah di malam hari dan secara rutin. Bekas noda jerawat berupa flek-flek hitam pun dapat dihilangkan dengan menggunakan madu yang dioleskan pada wajah secara rutin.

Kandungan madu yang paling berkhasiat untuk kulit wajah adalah gula dan fruktosanya. Karena banyaknya manfaat yang diperoleh dari madu untuk kecantikan dan kulit wajah, banyak yang menggunakan madu sebagai perawatan kulit maupun wajah. Begitu banyak bukan manfaat madu untuk kecantikan dan kulit wajah bukan.

Leave a Reply